• Selamat HAB Kemenag 2024
  • PMB SPAN PTKIN 2023

JALINAN KERJASAMA PBA UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN MELALUI PENANDATANGAN MoU DENGAN IMLA DAN IWAN INSTITUT YORDANIA

24 Februar1 2024

Jakarta, 26 Februari 2024. Tuntutan akademik yang dinamis mengharuskan jalinan kerjasama dengan banyak pihak, baik lokal, regional ataupun internasional. Hal ini mendorong UIN K.H. Abdurrahman Wahid untuk ikut serta dalam acara penandatanganan kerjasama dan FGD dengan asosiasi pengajar bahasa Arab (IMLA). Acara ini diadakan pada hari Senin tanggal 26 Februari di Gedung Prodi Bahasa dan Kebudayaan Arab Univertasi al-Azhar Indonesia,

komplek masjid Agung al Azhar Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Rektor UIN K.H.Abdurrahman Wahid, Prof. Dr. Zaenal Mustakim, M.Ag., berkenan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan IMLA yang langsung ditandangani oleh Ketua Umumnya Prof. Dr. Uril Bahrudin, M.A.  Acara penandatanganan MoU dengan IMLA ini diwakili oleh Kaprodi PBA, Dr Ali Burhan, M.A. dan Bapak Sekprodi Moh. Nurul Huda, M.Pd.

Acara di atas dihadiri oleh hampir 50 ketua program studi PBA se-Indonesia. Dimulai dengan rapat terbatas pengurus pusat IMLA dengan Kemenaker dan Kemendikbud dilanjutkan dengan Penandatanganan MoU IMLA dengan semua Prodi PBA dan Pengelola Jurnal Bahasa Arab se-Indonesia. Kemudian acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU IMLA dan pihak tuan rumah Universitas al-Azhar Indonesia dengan EWAN Institute Yordania. Dan diakhiri dengan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dengan menghadirkan praktisi pembelajaran bahasa Arab dari Yordania, Dr. Khalid bani Umar dari Ewan Institute for Teaching Arabic to Non-Native Speakers Jordan yang mempresentasikan model pengembangan buku ajar bahasa Arab berbasis teori spiral. Dengan didampingi beberapa tim pelaksana lapangan, Dr. Khalid menerangkan tentang urgensi metode pembelajaran bahasa Arab bagi non-Native speaker bagi non-Arab, karena faktanya 90% pengajar bahasa Arab tidak berasal dari lulusan pengajaran bahasa Arab. Bebarapa buku ajar yang diajarkan di wilayah Malang sebagai sampel dan juga video documenter juga dipaparkan di awal acara FGD.

Acara diakhiri dengan diskusi serius tentang teori spiral dalam pembelajaran bahasa arab bagi non-native speaker yang dimulai dari hal-hal mendasar dalam pembelajaran bahasa Arab dan secara gradasi naik ke level yang lebih tinggi. Prospek dan tantangan pembelajaran bahasa arab bagi non-native speaker khususnya di Indonesia yang secara struktur linguistic yang berbeda dengan native spreaker arab juga dikupas panjang lebar.

 

Reporter: Ali Burhan

Editor : Ali Burhan

Redaktur: Tim Kominfo PBA UIN Gusdur

We use cookies to improve our website. Cookies used for the essential operation of this site have already been set. For more information visit our Cookie policy. I accept cookies from this site. Agree