• Selamat HAB Kemenag 2024
  • PMB SPAN PTKIN 2023

Tingkatkan Efektivitas PPL Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Gusdur adakan Evaluasi Praktik Mengajar

01 November 2023

Pekalongan, 1 November 2023. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan mengadakan Evaluasi Praktik Mengajar, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Kegiatan evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana program Praktik Mengajar (PPL) berjalan, serta untuk mengetahui kesulitan dan hambatan yang dialami selama PPL berlangsung.

Kegiatan evaluasi dibuka oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Prof. Dr. Moh. Sugeng Solehuddin, M.Ag. Dalam Sambutannya beliau menyampaikan bahwa Guru pamong harus nongkrong maksimal artinya mahasiswa PPL diamati dan dibimbing, jangan ada lagi Guru Pamong memberikan mata pelajaran multi maple kepada mahasiswa PPL (ngajar bahasa indonesia, matematika, bahasa inggris) dll, yang bukan keahlian mereka. Guru Pamong harus fokus membimbing kompetensi mahasiswa. Lebih lanjut Dekan FTIK menegaskan bahwa “Kita ini sedang dalam perbaikan sistem , cara PPL semester depan murni akan dilaksanakan PPL berbasis lesson study. Tahun depan akan ada tambahan2 tugas bagi guru pamong, mahasiswa PPL akan praktik selama 6 bulan atau satu semester. Hal ini harus didesain secara matang dari perencanaannya hingga buku pedoman PPL berbasis lesson study”. Beliau juga menyampaikan FTIK juga telah melaksanakan PPL internasional, kedepan kita akan melaksanakan KKN-PPL Integratif Internasional ke Filipina dan Thailand. “Mahasiswa kita juga punya mimpi untuk praktik mengajar di luar negeri, bukan hanya dosennya saja. kegiatan PPL internasional diterapkan melalui program stundent mobility (MBKM).” Imbuh beliau.

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Dr. Muhamad Jaeni, M.Pd., M.Ag., dalam hal ini memberikan penguatan bahwa “Sekolah/ madrasah yang kami pilih, merupakan sekolah/madrasah yang kami seleksi. Ada beberapa sekolah yang kami backlist, hal tersebut merupakan hasil evaluasi seperti ini.”

Beliau juga menambahkan bahwa ditemukan ada Mahasiswa yang kami kirim ke sekolah, frekuensi mengajarnya kurang dari 5 kali. Infromasi yang kami peroleh diluar kompetensi akademiknya, ngajar hanya 5 kali padahal durasinya lama 45 hari, atau ada mahasiswa mengajar lebih dari 5 mata pelajaran, dan bukan kompetensinya. Lebih lanjut Wakil Dekan 1 menambahkan bahwa “Catatan untuk sekolah yang menerapkan kurmer. Mahasiswa kami tolong dilibatkan dalam kegiatan proyek kurmer di sekolah/madrasah bapak/ibu.”

Sesi selanjutnya yaitu pelaporan evaluasi PPL oleh Kaprodi PBA, Dr. H. Ali Burhan, M.A. berdasarkan hasil survei yang telah disebar ke mitra sekolah, rata-rata mendapatkan skor baik, seperti Bagaimana kemampuan mahasiswa dalam perencaan pembelajaran yang menunjukkan 85% mahasiswa sudah baik dalam melaksanakan, 12,5% menunjukkan cukup, Kemampuan mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran, 20% sangat baik 62,5 % baik, 12,5 % cukup, Kemampuan mahasiswa dalam evaluasi pembelajaran, 87,5% baik, sementara 12,5 % cukup, Sikap atau etika mahasiswa selama praktik mengajar, 85% baik, Kedisiplinan mahasiswa selama praktik ppl , 12,5 % sangat baik, 62,5 baik, 25% cukup.

Melalui kegiatan evaluasi PPL Prodi PBA ini, semoga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi serta meningkatkan tata kelola PPL yang mengedepankan unsur efektivitas dan efisien.

 

Reporter: Akhmad Aufa Syukron, M.Pd.

Editor: Akhmad Aufa Syukron, M.Pd.

Redaktur: TIM Kominfo Prodi PBA FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

We use cookies to improve our website. Cookies used for the essential operation of this site have already been set. For more information visit our Cookie policy. I accept cookies from this site. Agree